Wednesday, April 22, 2009

TIPS DAN TRIK DALAM MEMBUAT LAGU

xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

Hmm...sebenarnya susah-susah mudah dalam membuat lagu, jadi intinya ada beberapa hal yang harus ditentukan, yaitu:
1. Jenis atau aliran musik
2. Tema lagu

Sebenarnya hanya dua hal tersebut yang utama, setelah kalian menentukannya kalian dapat ke tahap berikutnya, yaitu membuat lirik lagu atau musiknya terlebih dahulu. Kalau saya pribadi sih lebih ke musik terlebih dahulu, karena saya sendiri lebih paham musik atau mengiringi dari pada membuat lirik atau puisi =p.

xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

Dan saya akan memberi tahu kalian mengenai beberapa trik dalam membuat lirik lagu, yakni:

1. Harus sesuai tema.
[¤]Misalnya kalian ingin membuat lagu tentang kehidupan yang ada pada diri kalian, kalian
hanya tinggal mengembangkan tema tersebut, seperti hidup ku bla...bla dan seterusnya.
2. Buat lirik pada bagian akhiran terdengar harmonis.
[¤]Hmm...maksud saya buat menjadi harmonis pada akhirannya adalah seperti birama
kata-kata pada pantun. bila kalian tidak mengerti juga saya akan memberi contohnya
seperti pada lirik ini misalnya.

Eh ujan gerimis aje
ikan teri diasinin
eh ade menangis aje
yang pergi jangan di pikirin
Jadi akhirannya memiliki pola, seperti lagu ini kita dapat menyebutnya dengan pola1-2-1-2, tetapi bisa juga kalian mengganti dengan pola 1-1-1-1 atau 1-1-2-2. Tetapi hal ini juga tidak selamanya harus dilakukan dalam membuat lirik, karena apa bila suara vokal anda dapat anda mainkan iramanya anda akan bisa memainkan suara anda dan membuat kata-kata yang tertulis kurang enak atau kurang harmonis dapat tertutupi dengan skill vokal anda.

xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

Saya kira cukup begini aja deh membuat lagu, kalau soal musik dan penataannya akan butuh penjelasan panjang =p. Nantikan post2 lainnya dari saya.

^o^Thanks For Read and Don't forget to post your comment^o^

0 comments:

Post a Comment